Sabtu, 09 Mei 2020

APA BUKTI RASA SYUKURMU?

APA BUKTI RASA SYUKURMU?

لا تدهشك واردات النعم عن القيام بحقوق شكرك فان ذالك ممايحط من وجود قدرك

Jangan sampai nikmat yang berlimpah membuatmu lupa untuk menjalankan kewajiban bersyukur karena dapat merendahkan harga dirimu. --Syekh Ibnu Atha'illah, Al-Hikam.

Syekh Abdullah Asy-Syarqawi menjelaskan bahwa kita tidak boleh terpesona dan tidak boleh lalai untuk menjalankan kewajiban-kewajiban bersyukur kepada Allah yang telah memberi berbagai macam nikmat.

Salah satu bentuk syukur adalah dengan cara melihat kelemahan diri kita sendiri dalam menunaikan hak-hak itu. Kita harus bersyukur atas karunia Ilahi yang setiap saat kita dapatkan. Sikap lalai itulah yang merendahkan harga diri kita sebagai hamba dan makhluk di hadapan Sang Khalik.

Jangan sampai banyaknya nikmat yang diberikan Allah kepadamu membuat dirimu lupa untuk bersyukur kepada-Nya. Jangan sampai pula kau berpandangan bahwa nikmat yang kau dapat itu datang dengan sendirinya sehingga kau tidak mau bersyukur kepada sang Maha Pemberi.

Contoh bersyukur dengan lisan adalah dengan memperbanyak dzikrullah, bershalawat, dan beristighfar serta memperbanyak wirid setelah shalat lima waktu agar diri kita sebagai hamba selalu mampu mengingat karunia Allah yang tiada tara. 

--Syekh Ibnu Atha'illah Al-Hikam, syarah Syekh Abdullah Asy-Syarqawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Hantu Istimewa

  Burung Hantu