Selasa, 05 Mei 2020

Yg bukan merupakan pembatal puasa sehingga dibolehkan melakukannya

Yg bukan merupakan pembatal puasa sehingga dibolehkan melakukannya.

1. Mengakhirkan mandi hingga terbit fajar.
bagi orang yg junub atau wanita yg sudah bersih dari haid dan nifas. Puasanya tetap sah."

2. Berkumur-kumur dan istinsyaq (menghirup air ke hidung) Tambahan, 
namun harus tetap berhati-hati dan tdk berlebihan karena menghirup air ke dalam hidung itu Makruh ( jadi lebih baik cukup dg jari tangan bersihkan bagian unjung lubang hidung ) sedangkan kumur2 apabila sampai tertelan maka batal puasanya.)

3. Mandi di tengah hari puasa atau mendinginkan diri dengan air.
Tambahan, Menyelam yg berlebihan makruh, dan jika tertelan air ketika menyelam maka batal puasanya )

4. Menyicipi makanan ketika ada kebutuhan, selama tidak masuk ke kerongkongan* Tambahan' 
untuk hal ini hanya di khususkan untuk ibu-ibu/ laki2 yg hendak memasak untuk makanan buka puasa atau jualan, namun setelah di cicipi di ludahi kembali hingga tidak terasa lagi rasa makanan yg di cicipi. )

5. Bercumbu dan mencium istri, bagi orang yg mampu mengendalikan birahinya.
Tambahan, 
Untuk perkarah yg ini terdapat banyak dalil bahwasanya nabi pernah mencium istri beliau ketika beliau sedang berpuasa, namun kita berbeda dengan nabi yg hawa nafsu beliau mampu di kendalikan ( nabi sejak kecil dada beliau pernah di belah oleh malaikat Jibril dan di keluarkan hati beliau yaitu Segalah nafsu yg buruk2 di keluarkan dari dada beliau dan di cuci oleh malaikat Jibril ), jadi yg selalu di kalahkan sama nafsunya sebaiknya jgn di lakukan agar puasa kalian tetap sah. 
Sebab jika berlebihan sampai berhubungan badan di siang hari ramadhan, maka haram dan berdosa sekalipun dgn istri yg sah )

6. Memakai parfum dan wangi-wangian.
Tambahan,  
Ini hanya khusus untuk lelaki ketika hendak sholat Jum'at, dan bagi wanita tidak boleh memakai nya karena ada larangan dari nabi, dan jika wanita ingin memakai wewangian agar melindungi tubuhnya dari bauh badan, semisalnya rexona maka ini boleh, namun selain dari wewangian yg bauh nya tajam dan dapat di cium dari jarak dekat maupun jauh, maka haram hukumnya ) 

7. Menggunakan siwak atau sikat gigi."
Tambahan, 
waktu pagi dan sore di bolehkan, namun ketika sudah memasuki waktu Dzuhur Makruh hukumnya.

8. Menggunakan celak.
Tambahan,  
boleh memakai nya, namun lebih baik jika di pakai di malam hari, karena jika di pakai di siang hari ramadhan dengn maksud agar menarik perhatian lelaki kemudian menjadi fitnah bagi lelaki, maka berdosa. 

9. Menggunakan tetes mata.
Tambahan, 
untuk ini di bagi menjadi dua.. ulama yg mengatakan tidak batal adalah pendapat
Imam Syafi'i, imam Hanafi , karena menurut mereka tidak ada saluran dari mata menuju rongga mulut atau otak. Dengan demikian, apa yg masuk ke mata tidak membatalkan puasa... 

Kemudian ulama yg mengatakan batal puasa  adalah, Imam Ahmad bin Hambal, dan imam Malik,. Menurut mereka di dalam mata terdapat akses ke kerongkongan, seperti mulut dan hidung, Pendapat kedua tersebut dikuatkan oleh temuan ilmu kedokteran saat ini yang membuktikan adanya keterkaitan antara mata dan rongga mulut, hidung, serta tenggorokan.. jadi memakai obat tetes mata membatalkan puasa. ) 


10. Menggunakan tetes telinga.
Tambahan, 
para ulama salafiyah jaman sekarang, mengatakan tidak batal puasanya Namun jika kita melihat dengan ilmu kedokteran, maka batalah Puasa nya. 

11. Makan dan minum 5 menit sebelum terbit fajar.
yang ditandai dengan adzan shubuh, yg biasanya disebut dengan waktu imsak Karena batas awal rentang waktu puasa adalah ketika terbit fajar yang ditandai dengan adzan 
Tambahan" 
untuk hal ini penjelasan yang benar sebagaimana dalam Al-Baqarah ayat 187 Bahwasanya, makan dan minumlah kalian hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar..  kemudian nabi berkata Sesungguhnya yang dimaksud dengan ayat itu adalah gelapnya malam dan terangnya siang"., 
Maksudnya adalah sudah terang di langit ufuk timur dan masih gelap di  langit ufuk barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Hantu Istimewa

  Burung Hantu