Cari Blog Ini

Follow Me

Senin, 12 September 2016

GURUMU PENENTU AQIDAHMU

GURUMU PENENTU AQIDAHMU

Pilih panutan yang tepat

مجمع الزوائد للهيثمي

وعن ابن عباس قال: قال رسول الله  صلى الله عليه وسلم . "علماء هذه الأمة رجلان:
Diriwayatkan oleh Sahabat Ibnu Abbas r.a , Rosululloh saw bersabda:
" Ulama ummat ini ada 2 macam " :

رجل آتاه الله علما فبذله للناس ولم يأخذ عليه طمعا، ولم يشر به ثمنا، فذلك تستغفر له حيتان البحر، ودواب البر، والطير في جو السماء، ويقدم على الله سيدا شريفا حتى يرافق المرسلين.
Seseorang diberi ilmu oleh Allah swt dan dia mengajarkannya kepada manusia , tidak tamak/serakah atas hartanya serta tidak memperjualbelikan ilmunya, maka orang yang seperti ini akan dimintakan ampunan oleh ikan-ikan yang ada di laut, hewan di darat, burung di angkasa dan ketika menghadap kepada Allah swt nanti sebagai tuan yang mulia sehingga menemani para rosul - rosul .

ورجل آتاه الله علما فبخل به عن عباد الله وأخذ عليه طمعا، وشرى به ثمنا، فذاك يلجم يوم القيامة بلجام من نار، وينادي مناد: هذا الذي آتاه الله علما فبخل به عن عباد الله، وأخذ عليه طمعا، واشترى به ثمنا، وذلك حتى يفرغ من الحساب".
Yang kedua : seseorang diberi ilmu oleh Allah swt namun pelit mengajarkannya kepada hamba - hamba Allah , serakah dengan harta manusia, memperjualbelikan ilmunya, maka yang seperti ini akan dikekang dihari kiamat nanti dengan tali kekang dari api neraka. Dan malakait memanggil / mengumumkannya : ini adalah orang yg telah diberi ilmu oleh Allah swt namun pelit mengajarkannya serta serakah dan memperjualbelikan ilmunya. Dan itu sampai selesainya dia dihisab .

Ketika kita amati perjalanan para ulama salaf, beragam sisi menarik kita ambil pelajaran, dan kita akan sampai pada kesimpulan bahwasannya mereka adalah "MANUSIA PILIHAN ALLAH SWT". yang ditugaskan untuk mengemban warisan kenabian berupa ilmu, sehingga siapapun yang pernah berinteraksi dengan mereka , setidaknya akan mendapatkan manfaat layaknya penjual minyak wangi , siapapun yang mendekati akan menghirup aromanya .

Yaa....Alloh...berikan kesehatan dan umur panjang kepada para ulama warosatul anbiya'.......

AAMIIN...... YA ROBBAL 'ALAMIIN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Give Your Comment

Gadget

Konten ini belum tersedia melalui sambungan terenkripsi.